Uncategorized

lebih sulit yang mana?

girl

‘kota tanpa sampah yang dibuang sembarangan’
‘kota dengan pengelolaan sampah yang berjalan dengan baik’
MAU BANGET.

kemarin saya ke tempat cuci motor. ketika saya lagi memperhatikan si abang mencuci motor saya, tiba-tiba temannya jalan ke arah jalan raya sambil menyelipkan rokok di bibir, kemudian.. plung. tangannya membuang kotak rokok ke jalan raya. hahahaha. saya rasanya mau langsung tertawa keras saat itu juga.
bagaimana tidak sodara, saya dulu mempelajari bagaimana sistem drainase di kelas. drainase perkotaan. merelakan diri hujan-hujanan di dago buat mengamati kondisi air pada saat hujan turun. dan di satu titik, terjadi luapan air sehingga air limpasan yang harusnya berada di jalurnya alias di parit/selokan, malah lari ke badan jalan. kenapa? karena ketutup sampah si selokannya. dan saat itu saya menyaksikan sendiri orang yang membuang sampah dengan watadosnya ke badan jalan.
subhanallaah.
mengerikan. dalam satu kota yang sama, sekelompok orang sedang belajar bagaimana merancang sistem drainase dan ada sekelompok lain yang sama sekali ga punya perasaan bersalah ketika membuang sampah sembarangan.
pencerdasan sosial itu penting. adanya aturan yang mengatur itu penting. dan penegakannya jauh lebih penting.

mulai dari diri sendiri saja dulu biar oke!

7 thoughts on “lebih sulit yang mana?

Leave a Reply

