Uncategorized

Ulat Bulu

pernah kena ulat bulu? pernah gatal-gatal karena kena bulu ulat bulu?

saya pernah, haha.

dulu pas zaman SD, ada hutan kecil di depan rumah saya. mayoritas isinya pohon lamtoro alias petai cina. nah, di masa itu adalah masa dimana kumbang sedang menjadi idola. ga kayak zaman sekarang, bocah-bocah idolanya boyband. ya saya juga suka sih, tapi biasa aja :v

lanjut. demi mencari dan menangkap kumbang raja (istilah untuk kumbang yang transparan, berbeda dengan kumbang lain yang berwarna merah polkadot hitam atau yang mengkilat), saya dan kedua tetangga lelaki saya rela menenggelamkan diri dalam rimbunnya hutan. uhk. tiba-tiba kangen masa kecil bersama mereka. skip.

sepulang dari  beetle hunted, saya merasa gatal di satu titik. saya garuk. tiba-tiba gatal di titik lain. saya garuk juga. dan akhirnya si gatal menyebar ke seluruh tubuh, dari muka sampai kaki terserang gatal yang minta ampun. sampai nangis saya waktu itu. ibu saya akhirnya membawakan minyak, saya lupa minyak apa itu, dan mengoleskannya di sekujur tubuh. tanpa ampun. masih saya ingat betapa menjijikkannya bentol-bentol yang timbul bersamaan dengan timbulnya rasa gatal. dan setelah saya tau kalau penyebabnya adalah ulat bulu, saya jadi betul-betul parno; belum sampai phobia sih. ada gitu phobia ulat bulu? yeah. who knows.

beberapa hari ini populasi mereka sedang banyak di rumah tempat saya tinggal sekarang. di pintu depan, bahkan di gerbangnya. ini nih.

IMG_0005

sebenarnya ada apa dengan bulunya ulat bulu?

kata pak Yohanes Surya :

“Ulat bulu bermacam-macam jenisnya. Ada yang beracun, ada yang tidak. Ulat bulu yang beracun mempunyai sel kelenjar racun yang terdapat di sepanjang tubuhnya. Sel-sel ini dapat mengeluarkan racun yang akan disalurkan melalui rongga-rongga kecil dalam bulu-bulu ulat itu.

Ketika terkena kulit, bulu akan patah dan keluarlah racun yang menyebabkan rasa gatal dan bentol-bentol merah. Ulat bulu yang tidak beracun dapat juga menyebabkan rasa gatal terutama pada mereka yang alergi terhadap bulu. Alergi ini muncul sebagai reaksi tubuh kita pada kehadiran benda-benda asing. Kadang alergi dapat disembuhkan melalui sugesti (berpikir positif). “

oke.

nah ada beberapa cara mengatasi gatal akibat ulat, ini copas, saya ambil dari ruang hati yang ngambil dari kaskus :p

1. Hilangkan bulu ulat yang melekat di kulit

Hilangkan bulu ulat uang menempel pada kulit dengan menggunakan kertas, sarung tangan atau selotip. Hilangkan bulu-bulu tersebut secepat mungkin sebelum menyebar ke bagian tubuh lain.

2. Cuci bagian yang terkena bulu

Gunakan air panas atau cuci dengan air dan sabun untuk membantu menghilangkan racun ulat bulu yang tersisa.

3. Gosok bagian yang kena ulat ato terasa gatal kerambut kepala

ini cara yang paling cepat ketika kita mulai merasa gatal karena ulat bulu gan karena dipercaya, usapan n minyak yang ada di rambut n kulit kepala, bisa netralisir racun dari bulu itu gan

4. Usap dengan garam

Usapkan garam dan gosokkan selama 5 menit pada daerah yang terkena bulu untuk menghilangkan sisa bulu dan racun yang tidak hilang saat dicuci.

5. Gunakan minyak kelapa atau batu es

Gunakan minyak kelapa murni (virgin coconut oil) atau batu es untuk membantu mengobati pembengkakan dan nyeri akibat racun ulat bulu. Bila reaksi pembengkakan berlanjut, segera hubungi dokter karena hal ini bisa menjadi reaksi alergi yang serius.

6. Jangan digaruk

Tahan keinginan untuk menggaruk daerah kulit yang gatal akibat racun ulat bulu. Hal ini bisa menimbulkan luka yang bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Sebaiknya gunakan krim atau lotion yang bisa mengurangi reaksi gatal karena gigitan serangga.

7. Pake daun cengek

ane dulu pernah baca di majalah jadul, katanya, daun cengek yang di remas sampe kluar airnya bisa menetralisir racun itu gan

8. Oli bekas

untuk pencegahan bila sudah separah di bali, bandung dll, coba di sekeliling rumah agan buat sebuah pagar atau pelingung dari oli bekas, jadi ya minimal ulat terperangkap klo mau masuk ke rumah gan

 

sekian 😀

pesan saya, ga usah memaki-maki ketika gatal-gatal karena kena bulunya ulat bulu yak. keep cool calm and confidence,  itu kesempatan setan memanfaatkan lidahmu biar lidahmu nganter kamu ke dosa! kyaa.

 

ref : http://www.yohanessurya.com & ruanghati.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s