Uji

Pernah punya masalah? Ya ya ya, kamu tidak sendiri. Semua makhluk di dunia pernah mempunyai masalah. Tidak usah terlalu pede dengan masalah kamu, beranggapan kalau kamu adalah orang paling teruji di dunia, orang yang paling berat beban di pundak, dan anggapan lain yang bernada sama. Tidak ada alasan untuk kamu terlalu terpuruk, menganggap bahwa kamu lah orang yang paling berat diberikan ujian olehNya.

Ujian dariNya? Ujian itu dari Allah? Ya tentu saja, dari siapa lagi?

Kalo dari Allah, kenapa sulit? Iya, sulit, kalo kamu minta jawabannya kepada selain Allah. Ia yang memberikan, Dia juga pasti udah punya jawabannya kan ya?

Mau jungkir balik keliling saraga juga ga bakal ketemu jawabannya, ibaratnya gitu. That’s so simple, Bro. Tenangkan hati, perdekat jarakmu denganNya, dan mintalah sepuasnya petunjuk dariNya. Puas-puasin, buat dirimu tak berjarak, buat dirimu merasa Ia ada di depanmu, sedang mendengarkan dengan seksama, sedang menyimak setiap rintih yang kau ucap, sedang melihat setiap perubahan raut wajahmu, sedang mengelus lembut kepalamu, sedang tersenyum menenangkan kepadamu..

Ia menyukai setiap pintamu, Ia menunggu saat kamu memohon kepadaNya, Ia menunggu nyanyian manismu, Ia mencintai tiap kesahmu..

Dia senang, karena kamu sudah meminta petunjuk pada Pemberi Uji..bukan kepada yang lain.

Ujian itu letak perbedaannya cuma ada di penyikapan, apakah dengan adanya ujian itu kita akan semakin dekat denganNya atau justru berbalik arah, berlari menjauh dariNya. Cuma itu.

Karena itu, tertulis dalam surat cintaNya dalam surah Al-Baqarah ayat 286, sebuah ‘arahan’ kepada siapa kita harus meminta, sebuah doa : “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s