Uncategorized

eh kamu, jatuh dong.

Suatu siang, di sebuah gedung di bawah sepoi-sepoi angin kota Bandung. Telisik ke bawah atap, ada 4 mahasiswi menunggu ruang kuliah siap dinikmati (fuuu). 3 orang duduk, 1 orang berdiri. Tiba-tiba si L melihat sesuatu yang bisa jadi bahan usilan.

L : ‘Ciyee R, pake cincin!’

A & S : ‘Eh iya? Mana mana liat R!’

R : (ngeles) ‘Ih ini kan udah lamaaa, haha.’

L & A & S : ‘Halaaah’ (dan semacamnya, godaan ga penting –‘)

Si R bertubuh kecil, mungil, imut. Dari situ, tiba-tiba L berkata kejam :

L : ‘Eh R. Emang cowoknya anak SD mana?’

R tertawa pahit dengan tanggapan sejenis ‘Awas kamu L, haha’. Tawa semakin kejam dari peserta lain, namun tidak dari si A. Dan ucapan selanjutnya tidak ada dalam skenario L.

A : ‘L, kalo bukan kamu yang ngomong sih nggak papa.’

Kini L terdiam, dan yang lain tertawa (lebih) kejam. L pun tidak menampik, karena begitulah kenyataannya, hiks.

Pesan moral :

‘eh kamu, jatuh dong’ sebetulnya ga ‘sebaik’ fragmen di atas.

Berpikir ulang lah ketika kita akan melakukan sesuatu atas dasar ingin menjatuhkan orang lain. Terlepas dari ini bercanda atau bukan, tapi kadang kita tidak sadar melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.  Termasuk saya, tentu saja.

Gimana caranya?

Nasihat yang pernah saya dpat sih ini : perbanyak dzikir. Dengan begitu, lidah tak lagi terbiasa dengan kata buruk, ucapan kasar, sindiran menusuk, dan sesuatu yang keluar yang tidak semestinya. Semua hal butuh pembiasaan, termasuk ini. Lidah akan menghentikan geraknya dengan sendirinya ketika ia sudah sering dibasuh dengan ucapan baik, ya, dzikir itu tadi.

Kita, termasuk saya ya, pasti ingin mengalami perubahan diri untuk menjadi lebih baik. perbanyak dzikir adalah salah satu cara internal, nah eksternal-nya tentu saja orang-orang di sekitar. Jadi, ya, saya selaku manusia yang masih ‘aduh, ane dianggep apa ya sama Pencipta aneee’, tegur aja ketika mulai ‘menjatuhkan orang lain’. Sama-sama lah 🙂

3 thoughts on “eh kamu, jatuh dong.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s