curhatcurcol · olahan otak-hati-tangan

Sedikit Berkaca dari SuJu

Kemarin siang, timeline Twitter saya rame banget sama link-link youtube ataupun kata-kata ‘Mr.Simple’. Apa itu Mr. Simple? Itu adalah lagu keluaran terbaru dari boyband asal korea yang isinya orang-orang super kiyut dan super sehat. Siapakah mereka? taraaaa! Super Junior! *err –‘

Walaupun kita sebagai orang Indonesia, yang sudah agak-agak gimana gitu ya dengan boyband-girlband yang terbit melejit di kalangan makhluk negeri ini, kali ini saya mengajak untuk sebentar saja becermin pada Suju alias Super Junior. Kenapa harus dicerminin sama suju sih Lel? Hmm #gapenting.

Tanpa perlu berlama-lama, mari kita lihat poin-poin ini :

1. KOMPAK. Mereka kompak banget! Beneran! Menurut kamu gampang nggak, nyamain gerakan dengan belasan orang? Kalau salah dikit, udah dihina-hina macam apa seperti nasib beberapa boyband-girlband di Indonesia. Sejauh yang pernah saya lihat, baik MV atau live concert nya, gerakan mereka ya kompak, lumayan.

2. BIG HEART. Walaupun kompak, pasti adakalanya salah satu dari mereka salah gerakan atau salah suara (kayak Lee Teuk pas live No Other, hehe). Dan kerennya, mereka ga serta merta bubar trus adu sikut di panggung, ‘eh lo salah nada cuy,’ atau jadi grogi sehingga gerakan mereka kacau. Nggak dong, mereka lanjut dengan supernya 🙂

Telah diketahui bahwa orang lebih berprestasi kalau bekerjasama dengan yang lain ketimbang bertentangan dengan yang lain.” – Dr. Allan Fromme

3. INNOVATIVE. Mereka hampir selalu berganti tema. Jarang skali Suju mengambil tema yang sama berturut-turut. Contoh : kiyut (happiness) – dark (it’s you) – unyu (pajamas party) – cool (sorry sorry, bonamana) – kawaii (no other) – healthycool (mr. Simple) dan seterusnya. Walau ini nggak merepresentasikan yang sebenarnya (saya lupa-lupa ingat urutannya), tapi dari sini kita bisa melihat bahwa mereka sangat menjaga perasaan para penikmat karya mereka agar tidak mudah bosan.

4. GREAT PLANNER. SM (‘atasan’Suju) bisa melihat pasar dengan amat baik, sehingga strategi-strateginya pun tepat guna, efektif. Tidak hanya membuang-buang tenaga dan uang, tapi terdapat hasil dan respon yang memuaskan. Mereka menyadari bahwa mereka seperti sedang menjual produk. Aga rlaku keras, produk itu harus betul-betul bagus, bahkan supporting systemnya pun. Marketing harus oke, desain harus bagus, MV apalagi.

5. NEAT. Penampilan mereka masing-masing juga bagus, rapi. Konteks rapi disini bisa dilihat dari wajah yang bersih, baju yang ‘this is the best lho’, nggak lusuh, unik, dan lain-lain. Ini membuat mereka terlihat fresh, tidak membosankan dan beda.

6. FULLPERFORMANCE. Mereka nggak setengah-setengah dalam menghasilkan lagu baru. Perform dan lagu dibuat se-perfect mungkin. Memang dibutuhkan waktu yang cukup lama, tapi hasilnya worth it. Dan itu tadi, sekali lagi, ikhtiar mereka nggak setengah-setengah. ‘Tak ada kemenangan dengan harga diskon’, begitu kata Eisenhower.

7. OPTIMISTIC. Mau ada orang-orang yang anti mereka, ya lanjut. ‘Untuk apa memikirkan orang yang mendorong kita jatuh, sementara tak sedikit fans-fans yang menginginkan kita maju?’, mungkin begitu pikir mereka B)

8. POWERFUL & HEALTHY. Mereka sehat, super sehat. Walau saya juga kurang tau bagaimana sebenarnya, tapi bisa kita lihat dari gerakan mereka selama live. Cobain deh, mungkin kamu sudah ngos-ngosan di menit ke sekian. Itu berarti mereka memiliki tubuh yang fit sehingga bisa melakukan gerakan-gerakan tadi dengan sempurna dan baik sampai akhir perform. Itu hasil dari latihan yang keras juga pastinya.

9. TRENDSETTER. Mereka menciptakan isu! Ini dia. Bisa kamu lihat di youtube. Ketika mereka meluncurkan lagu baru, ribuan manusia dari hampir seluruh pelosok negeri melihat dan meninggalkan komentar yang aduhai. Dan secara tiba-tiba lagu itu sudah terdengar di beberapa pusat perbelanjaan, MV-nya sudah tercopy di jutaan iPod. Semua seperti terhipnotis. Apalagi para ELF yang pastinya ‘kyaaa kyaa’, meniru gaya pakaian, dance, dan lain-lain. Akhirnya, terciptalah ISU.

 

 

Setidaknya itu adalah beberapa hal yang menjadi poin mengapa kita becermin pada mereka.

Terlepas dari konsep ketuhanan dan pemahaman yang berbeda di antara kita dan mereka, tak ada salahnya mengambil poin positif ini sebagai pecut atas usaha yang selama ini telah saya dan teman-teman lakukan bersama-sama di jalan ini.

Ingat saja, kita punya iman dan doa yang bersama-sama menemani ikhtiar. Tidak perlu merasa buntu, karena seperti inilah janjiNya :

“Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambahkan kepada mereka petunjuk.” (Al-Kahfi: 13)

Berikhtiar supaya bisa betul-betul beriman jugalah ya 🙂

 

Akhir kata,

 

23:23 pm, with river’s music outside. still searching (and waiting) for an idea.

4 thoughts on “Sedikit Berkaca dari SuJu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s