curhatcurcol

Big Problem & Small Things

Kadang kita tidak menyadari, bahwa ternyata bukan hal besar yang mengguncang hidup dan mengubah rotasi kehidupan kita, namun hal kecil yang kadang kita anggap sepele, terlupakan dan sebelah mata adalah penyebabnya. Seperti saat ini, di saat saya bertanya-tanya, ‘kenapa sekarang berubah gini ya?’. Ditemukanlah sebuah jawaban, dan jawaban itu ada di kamar saya ternyata B)

Di kamar, ada sebuah rak alat makan. Rak itu terbuat dari bahan plastik berwarna hitam. Di situ terdapat sebuah gelas plastik dengan tinggi kira-kira 20 cm. Gelas itu tidak berfungsi sebagai wadah untuk minum, melainkan untuk alat makan. Karena rak makan itu terbuat dari plastik dan tidak datar sempurna, gelas itu kerap jatuh kalau bebannya tidak seimbang.
Isi di gelas itu adalah sebuah pisau, 2 buah sendok stainlesssteel, 2 buah sendok plastik, 2 buah sendok froyo J.co, 1 buah garpu plastik, dan 1 buah sendok nasi. Karena berat yang beragam, perlu penataan yang keren supaya beban di dalamnya seimbang.

Suatu hari, saya menaruh sebuah pisau lagi karena yang lama sudah tidak bisa dipakai. Saya menaruhnya dengan hati-hati dan mencoba menyeimbangkannya. Berhasil! Gelas tidak jatuh.

Dan barusan, saya memakai sendok plastik, mencucinya dan akan menaruhnya di dalam gelas. ‘Ringan ini,’ pikir saya, sehingga menaruhnya pun sekenanya, asal masuk.
Dan ternyata gelas itu jatuh. Bukan karena tersenggol. Ternyata gelas itu jatuh karena beratnya tidak seimbang. Gelas itu mejadi tidak seimbang HANYA karena sebuah sendok plastik yang ringan, dan, yeah, tidak diperhitungkan.

Begitulah, dan saya akhirnya menyadari sesuatu. Ternyata hal yang membuat kehidupan saya akhir-akhir ini agak ‘keluar dari rotasi’ adalah karena hal kecil. Bukan karena hal besar ‘itu’. Kadang saya berekspektasi berlebihan terhadap sesuatu, dan ternyata bukan itu penyebabnya. Totally wrong lah pokoknya.

Ibaratnya seperti gajah yang jatuh karena tersandung batu besar. Kelihatannya mungkin gajah itu jatuh karena tersandung, padahal ia tersandung karena ada seekor semut masuk ke matanya dan menyebabkan ia kelilipan, tidak bisa melihat jalan di depannya dengan baik sehingga ia terjatuh karena tersandung batu.

That’s all.

Hal kecil yang sepele dan kerap terlupakan bisa menjadi asal muasal sebuah perubahan besar. Entah perubahan baik atau buruk, tapi berhati-hatilah terhadap hal kecil yang membuat perubahan buruk yang raksasa.

Fiuu~ *angin sepoi-sepoi.

Kalo udah menemukan sebuah solusi atau sumber masalah yang bikin kita mikir njelimet itu rasanya seperti kamu ada di puncak mount everest, merasakan kelegaan super seperti yang dirasakan Tenzling. Akhirnya! Haha 😀

Ini bonus gambar dikit :

@favroom, 4 hari sebelum Ramadhan.

Advertisements

One thought on “Big Problem & Small Things

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s