ini fakta · Karisma ITB · olahan otak-hati-tangan · renungan

Untuk Anda yang Merasa Pemuda

 

Q = “tanggal lahir David Beckham?”

A = “2 Mei 1975”

Q = “hari sumpah pemuda?’

A = ” … “

Begitulah kira-kira salah satu isi propaganda LD di mading kampus. Bacanya mah iya ketawa-ketawa. Sebuah ironi yang menjadi humor dan mengundang tawa miris.

Lebih miris lagi kalau mengingat Ir. Soekarno .. “Beri aku 10 pemuda, maka akan aku guncangkan dunia”, lalu melihat ke sekitar dan yang dilihat pemudanya lagi nongkrong, lagi ngalor-ngidul ngga jelas. Ironis.

Sumpah Pemuda. Itu pelajaran sejarah waktu sekolah dulu ya, dan kita membacanya, menghafal nama, tempat dan gedung hanya untuk ujian. Sayang banget kalau hanya itu nilai yang bisa diambil dari Sumpah Pemuda.

Coba bayangkan kalau kita ada di masa itu. Bercengkrama dengan Muhammad Yamin,  Soenario, dan kawan-kawan. Berada di atmosfer semangat dan berapi-api para pemuda saat itu. Isi obrolannya adalah bagaimana memajukan bangsa ini, bagaimana memerdekakan diri sebagai bangsa yang mandiri, bagaimana menggerakkan negara ini dengan bermodal semangat, otak dan tangan. Saling bertanya bagaimana kondisi semangat hari ini, bagaimana kemajuan yang telah dilakukan, dan menularkan semangat ketika teman yang lain sedang luntur semangatnya. Bukan menanyakan merk kaos apa yang dipakai, bagaimana cara bolos dengan aman dan nyaman, mau ngeceng ke mana hari ini, bagaimana perkembangan dengan si pacar, dan segala yang sudah lumrah kita dengar di kalangan pemuda-pemudi sekarang.

Coba hitung. 2010 – 1928 berapa? Bagus. 82 tahun. Barusan saya menceritakan tentang betapa jomplangnya topik pembicaraan jaman sekarang dan jaman dulu lho. Belum hal adab, kebiasaan. 82 tahun? Di desa nenek saya masih ada yang umurnya segitu. Kalau ada yang kakek – nenek – nya masih sehat hingga saat ini dan berumur 80-an, coba tanyain deh, ajak ngobrol tentang bangaimana kondisi pemuda saat itu.

Seperti apakah idealnya seorang pemuda?

Jeng jeng jeng .. ini dia jawabannya :

dengan memiliki sepuluh muwashofat ini, maka segala potensi masa mudamu yang keren dan fantastis akan tersalurkan dengan baik!

dan juga tawazun .. dengan hidup seimbang, tidak akan terjadi kelabilan, begitu kan logikanya?

Rasul telah mencontohkannya. Beliau adalah manusia yang paling top. Kesepuluh sifat di atas insyaAllah telah dimilikinya dan dijaga keseimbangannya. Dan tidak diragukan lagi, beliau akhirnya menjadi inspirator paling dahsyat, motivator paling berpengaruh, pemimpin paling bijaksana. Kalau beliau tidak memiliki semangat yang membara untuk menyebarkan ajaran Islam, bisa jadi Islam tidak menyebar hingga seluruh dunia.

Semangat dan keyakinan. Itulah yang menjadi katalis. Itulah yang menyebabkan adanya perbedaan aura antara semangat di zaman Rasul dulu (semangat memperjuangkan Islam) dan semangat merdeka para pemuda Indonesia yang berjuang dulu dengan semangat pemuda saat ini.

Ketika sudah memiliki keyakinan dan semangat, seharusnya tidak ada alasan untuk tetap berjalan di tempat, limbung, dan mudah goyah.

Seharusnya.

 

Berapa umur saya sekarang? Berapa umurmu sekarang?

Masih merasa pemuda?

Jika iya, berarti ada tanggung jawab yang besar. Ada jutaan kesempatan yang bisa kita ambil. Ada kanvas raksasa yang bisa kita lukis dengan kuas di tangan kita. Ada pengaruh yang kuat. Ada potensi dan izin Allah yang bisa membuat impian akan agama ini, negara ini, agar menjadi kenyataan.

Bagaimana kelanjutan hiruk pikuk negara ini, ada tangan kita yang bertanggung jawab di sana.

“Darah muda darahnya para remaja, yang selalu merasa gagah, tak pernah mau mengalah. Masa muda masa yang berapi-api, yang maunya menang sendiri, walau salah tak perduli, darah muda. Biasanya para remaja, berpikirnya sekali saja, tanpa menghiraukan akibatnya. Wahai kawan para remaja, waspadalah dalam melangkah, agar tidak menyesal akhirnya..” begitu pesan pak Rhoma Irama.

 


intermezo :

Gambar yang mana yang mencerminkan dirimu sebagai pemuda?

*ngga semua gambar ada, hhe

Advertisements

One thought on “Untuk Anda yang Merasa Pemuda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s