potong rambut sendiri? gampang gampang

‘salonnya penuh..’

‘tukang salonnya cowok..’

‘ga ketutup, nyampur euy..’

sedikitnya, itulah keluhan muslimah ketika akan memotong rambut di salon. ada cara paling enak dan gampang, yaitu..potong rambut sendiri! =D

saya pribadi, belum pernah potong rambut di salon. kalau saya lagi di rumah, ibu saya yang jadi barber, pas di asrama (saya SMP- SMA di boarding school) yang jadi barber ya temen saya. pas kuliah potong sendiri. pernah pengen ke salon, tapi apa daya salon muslimah terdekatnya udah penuh dan udah mau tutup..batal deh perdana potong rambut di salon.

#konsep :

bedanya dari potong rambut yang biasa, saya tidak menggunakan gunting, tapi menggunakan cutter.

ini juga dapet dari temen SMA (makasih ris, hoho). cutter lebih mudah digunakan karena sudah langsung membentuk kemiringan potongan rambut. tidak perlu bertingkat-tingkat, langsung saja. apalagi yang suka model shaggy, ini jauh lebih memudahkan. mata cutter diarahkan searah dengan kemiringan potongan rambut yang kita inginkan. sebaiknya jangan terlalu miring, karena dapat mengakibatkan tiap helai rambut menjadi sangat tipis.

#teknis :

1. untuk rambut, bisa dibasahi atau tidak. kalo dibasahi : lebih mudah, tapi lebih misterius hasilnya(kadang kalo saya basahin rambut dulu, pas udah keringnya masih ada yang di benerin), potongan rambutnya ga kemana-mana, cenderung lebih cepat (menurut saya mah). kalo ga dibasahi, cocok buat orang yang pengen tau hasilnya, tapi ya rada berantakan ‘sampah’ potongan rambutnya. up to you =)

2. gunakan penutup tubuh, hmm maksudnya ya smacam kain yang di barber beneran itu. kalo ga ada kain cem itu, pakai aja koran yang dilubangi tengahnya. kalo pakai kain, kita masih harus ngebersihin kainnya, kalo koran kan langsung dibuang, hehe.

3. sip sip *apa sih

4. siapkan peralatan : cermin dengan tampang close up kita, dan cutter di tangan. cutter yak cutter. jangan yang tumpul, kalo bisa yang barulah, kita juga ga tau itu cutter udah dipake apa aja, hii.

5. bayangkan potongan rambut yang kita mau.

6. tarik napas dalam-dalam, ucapkan basmalah, smoga tangan ga kepeleset dan menyebabkan kepitakan, haha

7. luapkan segala perasaan saat memotong rambut, puas lho beneran.. =D (ini yang saya suka dari potong rambut sendiri, bisa dibentuk sesuka kita, merasakan kepuasan kalau sudah selesai dan hasilnya bagus dan tentunya ga harus keluar duit, haha)

 

 

knapa saya bilang gampang?

karna itu cuma membutuhkan kehati-hatian, kekreatifitasan (apalagi mencari alternatif kalo ada potongan yang salah), dan melatih kesinkronan otak kanan-kiri (melakukan sesuatu hanya dengan melihat cermin, betul2 melatih konsentrasi).

karna saya belum pernah nyoba potong rambut di salon, saya belum bisa membandingkan..mungkin suatu saat nanti hehe =)

happy cutting hair! =D

6 thoughts on “potong rambut sendiri? gampang gampang

  1. halo, sebenernya aku gak tau kamu siapa hahaha tapi aku pengen banget nge-komen. ya sebenernya sih inti dari postingan ini tentang cara potong rambut sendiri, dan komen aku gak nyambung sama isi postingannya sih :p
    dulu waktu aku masih smp, juga biasanya dipotongin ama mama, atau buat poni potong sendiri. tapi hasilnya pasti gak rapi. suka denger kan, tragedi poni miring yang akhirnya malah jadi tren? nah, kalau dipotongin ama mama sih rapi-rapi aja tapi modelnya pasti itu-itu aja. lurus kayak rambut dora versi tipis. dan jujur aja aku bosan :p
    aku gak tau kamu udah tau tentang ini atau belum, tapi aku gatel banget pengen ngasih tau kamu hahahah. sekarang banyak banget salon yang menyediakan ruangan khusus cewe, dan kita juga bisa pesan kalau mau dipotongin ama cewe. sebelum ke salon, mending telpon dulu salonnya, “ada gak si mbak *itu*” atau “bisa gak dipotongin ama cewe?”. salah satu salon bagus yg ada ruangan cewenya tuh di anata salon. aku bukannya promosi sih, tapi emang aku langganan di sana, terutama di anata yang riau junction hehehe
    sekedar info doang :p

    • hoho belum pernah jelajah salon aku nya, jadi weh ga tau ;p
      sip2, itu info juga buat temen2 yang lain yayaya, makasih :D
      kalo aku sendiri, lebih suka sama potongan rambut sendiri, melatih saraf motorik katanya mah hahaa

  2. tiap habis ptng rambut pst drmh q bnrin lg krn sllu g pas , tp cm dpnya, klo mw motong blakang gimana ya caranya? thank

    • bisa minta tolong orang lain :D
      tapi kalo saya sih coba taro cermin juga di belakang, jadi kita bisa ngeliat dari cermin di depan kita (ini kalo potong sendiri). motongnya pake feeling aja, kanan-kiri ntar bakal sinkron sendiri kok. semoga membantu :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s